Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Parasit Malaria Makin Kebal Obat
#1
[justify]Artimisinin selama ini dikenal sebagai obat yang sangat efektif mengatasi malaria, terutama di daerah yang telah terjadi resistensi pada jenis obat malaria konvensional. Namun, riset terbaru menunjukkan, parasit malaria pun kini kebal pada obat tersebut.

Para pakar penyakit malaria, dalam pertemuan di Phnom Phen, Kamboja, baru-baru ini menyatakan, sejumlah pasien malaria di daerah perbatasan Kamboja dan Thailand dilaporkan tidak menunjukkan respons pada terapi obat Artimisinin.

Dr Sylvia Meek, Direktur Teknikal Malaria Consortium, mengatakan, resistensi obat tersebut terjadi karena meningkatnya pergerakan populasi manusia. ?Makin banyak orang yang mengunjungi negara lain, misalnya saja turis dari Nigeria ke Asia. Tren ini terus meningkat setiap tahun,? katanya.

Dia menambahkan, mungkin hanya beberapa pelancong internasional saja yang resisten terhadap parasit malaria. ?Namun, sekali mereka menularkan kepada orang lain, penularannya berlangsung cepat,? katanya.

Malaria merupakan salah satu dari penyakit yang diharapkan bisa ditanggulangi pada abad ini selain juga penanggulangan HIV/AIDS dan tuberkulosis. Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, tak kurang dari 300-500 juta penduduk dunia terinfeksi parasit malaria dan setidaknya satu juta orang meninggal tiap tahun akibat penyakit yang masih endemik di banyak negara tropis dan subtropis, termasuk Indonesia.[/justify]

Sumber : Kompas
Reply


Possibly Related Threads…
Thread Author Replies Views Last Post
  Harga Obat dan Kecurigaan Komisi Dokter Jangle 1 3,763 Wednesday, 18 April 2018, 14:01
Last Post: JamesWiguna
  Resep Obat Generik Jadi Wajib Jangle 0 2,180 Monday, 29 March 2010, 22:27
Last Post: Jangle
  Dokter "Berbisnis" Obat Generik Tak Dilirik Jangle 0 2,251 Monday, 29 March 2010, 21:36
Last Post: Jangle
  Pemerintah Revitalisasi Penggunaan Obat Generik Jangle 0 1,909 Wednesday, 27 January 2010, 20:13
Last Post: Jangle

Forum Jump: